Selasa, 24 Maret 2015

1.6 Visi Dan Misi BANK Indonesia


Mengingat tugas Bank Indonesia (BI) mempunyai dan bahwa BI adalah satu-satunya bank sentral di Indonesia, yang dalam UU No. 23 tahun 1999 ditegaskan memiliki independensi dari campur tangan pemerintah, dan bahwa dalam menjalankan tugasnya, BI menggunakan jaringan kantor-kantornya di daerah, maka satu-satunya lembaga yang layak dan harus memberikan penjelasan tentang fungsi dan peran bank sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia.
*   VISI BANK INDONESIA
Menjadi lembaga bank sentral yang dapat dipercaya(kredibel) secara nasional maupun internasional melalui penguatan nilai-nilai strategis yang dimiliki serta pencapaian inflasi yang rendah dan stabil.
*   MISI BANK INDONESIA
Ø Mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah melalui pemeliharaan kestabilan moneter dan pengembangan stabilitas sistem keuangan untuk pembangunan nasional jangka panjang yang berkesinambungan.
Ø Mendorong sistem keuangan nasional bekerja secara efektif  dan efisien serta mampu bertahan terhadap gejolak internal dan eksternal untuk mendukung alokasi sumber pendanaan/pembiayaan dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan stabilitas perekonomian nasional.
Ø Mewujudkan sistem pembayaran yang aman, efisien, dan lancar yang berkontribusi terhadap perekonomian, stabilitas moneter dan stabilitas sistem keuangan dengan memperhatikan aspek perluasan akses dan kepentingan nasional.
Ø Meningkatkan dan memelihara organisasi dan SDM Bank Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai strategis dan berbasis kinerja, serta melaksanakan tata kelola (governance) yang berkualitas dalam rangka melaksanakan tugas yang diamanatkan UU.
*   Sasaran Strategis
Untuk mewujudkan Visi, Misi dan Nilai-nilai Strategis tersebut, Bank Indonesia menetapkan sasaran strategis jangka menengah panjang, yaitu :
Ø Memperkuat pengendalian inflasi dari sisi permintaan dan penawaran
Ø Menjaga stabilitas nilai tukar
Ø Mendorong pasar keuangan yang dalam dan efisien
Ø Menjaga SSK yang didukung dengan penguatan surveillance SP
Ø Mewujudkan keuangan  inklusif yang terarah, efisien, dan sinergis
Ø Memelihara SP yang aman, efisien, dan lancar
Ø Memperkuat pengelolaan keuangan BI yang akuntabel 
Ø Mewujudkan proses kerja efektif dan efisien dengan dukungan SI, kultur, dan governance
Ø Mempercepat ketersediaan SDM yang kompeten
Ø Memperkuat aliansi strategis dan meningkatkan persepsi positif BI
Ø Memantapkan kelancaran transisi pengalihan fungsi pengawasan bank ke OJK
                                                     
Sumber :
http://www.bi.go.id/id/tentang-bi/fungsi-bi/misi-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar